Kamis, 07 Mei 2020 - 14:05 WIB
DINAS KESEHATAN
Assalamulaikum.Wr.Wb.. Yth. Bapak Gubernur JATENG, Ykh. Dinkes Provinsi JATENG, Dinkes Kab.Kendal dan Keluarga pasien.. Terimakasih atas masukan, komplain dan informasinya..
Ijin Kami Manajemen RSI Kendal, memberikan klarifikasi keterangan terkait kekecewaan dr keluarga pasien An Widyawati yang disampaikan terkait pelayanan di RSI Fajar Agus Supriyadi yg beralamat di desa Lebo RT 3/ RW 3 Kec.Kangkung Kendall..
Pasien datang ke rumah sakit untuk melahirkan dan diantar oleh suami..RS kami ada prosedur terkait dengan kondisi pandemi covid 19 saat ini, untuk mengurangi penyebaran penularan Covid 19 pasien lain, petugas rs, pengunjung maupun penunggu pasien. Pasien yang masuk masuk melalui IGD RSI Kendal akan dilakukan screning awal dan screning lanjutan..
Screning awal meliputi
1 Pemeriksaan suhu tubuh dengan alat Thermo gun
2 Skrening lanjutan adalah pertanyaan / anamnesa2 yang terkait dengan keluhan dan riwayat perjalanan maupun berpergian suatu tempat negara terjangkit dan transmisi lokal..
Pada keluarga dan pasien tsb sebelum masuk ke IGD sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan dilakukan skrening awal oleh petugas skrening, bila keluarga pasien menganggap belum dilakukan itu, merupakan sebuah KEBOHONGAN besar karena ada bukti di kami sudah dilakukannya screning awal tsb.. dikarenakan semua pasien bekerja di Semarang dan Semarang sebagai zona transmisi Lokal.. Dari peraturan di RS kami apabila ada penunggu pasien berasal dari zona transmisi dimohon untuk tidak masuk diarea rumah sakit guna usaha mencegah penyebaran covid-19 dan kami memberikan solusi terkait dengan hal itu.. Petugas kami sudah mengedukasi dengan baik ke keluarga pasien dan keluarga pasien marah -marah ke petugs kami. Untuk pasien kami tangani dengan baik, dan dilakukan perawatan di RSI Kendal dengan baik.. dr RS kami memberikan solusi, penunggu pasien diberi pengertian, untuk mengganti keluarga yang menunggu pasien tsb. Akan tetapi justru keluarga pasien yg sudah kami screning untuk tidak masuk, justru masuk sampe ruang oerawatan melalui pintu khusus bukan digunakan untuk pasien ( Logistik Gizi, ) dan saat perawat ruangan masuk ke kamar perawatan pasien. perawatan ruangan mengingatkan kembali penunggu pasien tsb untuk dipersilahkan diganti dengan keluarga yg lain untuk menunggu pasien di ruang perawatan tsb. perawat kami sudah memberikan edukasi kembali tetapi penunggu bisa mengerti dan meninggalkan ruang perawatan.. bila dalam pelayanan kami masih ada kekurangan dan kurang berkenan kami mohon maaf.. kami akan perbaiki.. terimakasih atas masukannya.. klarifikasi ini yang bisa kami haturkan, semoga bisa memperjelas semuanya supaya tidak terjadi salah faham.. terimakasih atas perhatiannya.. Wassalamualaikum.Wr.Wb...